Dapatkan Tampilan Desain Interior Kontemporer yang Menarik dengan 5 Cara Ini

Desain Interior Kontemporer

Saat ini ada beragam tema desain interior yang siap digunakan untuk membuat ruangan menjadi lebih cantik. Salah satunya adalah tema kontemporer yang hadir untuk mendobrak gaya-gaya desain interior konvensional.
Namun, harus diakui jika gaya desain interior kontemporer ini memang menarik untuk diterapkan. Tak heran kalau desain ini banyak digemari. Sebenarnya, ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk semakin menonjolkan kesan ‘desain kontemporer’ dalam suatu ruangan. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Hadirkan Desain Interior Kontemporer dengan Cara Berikut

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh tampilan desain interior kontemporer yang menarik. Berbagai cara tersebut akan membantu menonjolkan fokus yang menjadi sorotan dalam desain interior kontemporer. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1.Perhatikan Pencahayaan

Faktor pencahayaan menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa dipisahkan dari desain interior kontemporer. Pasalnya masalah pencahayaan ini hadir sebagai ciri khas yang penting dalam model desain yang satu ini. Hal tersebut dapat diperoleh dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan lampu hingga penggunaan jendela.

Pada desain kontemporer, penggunaan jendela yang kecil sudah ditinggalkan dan diganti dengan jendela-jendela besar yang dapat membuat cahaya banyak masuk. Untuk bagian tirai sendiri baiknya gunakan yang senada dengan model jendela tersebut. Tirai roller blind menjadi salah satu jenis tirai yang cocok digunakan untuk jendela dengan model besar. Apalagi saat ini ada banyak tempat jual roller blind murah yang menawarkan roller blind dengan berbagai model.

2.Pemilihan Bahan Furniture

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan furniture. Kesan yang berusaha dihadirkan dari desain kontemporer adalah kesan yang lembut dan tidak kaku. Untuk itu hal ini dapat diterapkan pada pemilihan bahan furniture.

Penggunaan bahan seperti nikel, baja, hingga kayu menjadi pilihan yang baik untuk digunakan dalam desain yang satu ini. Hanya saja harus dipastikan jika berbagai material tersebut akan menghadirkan kesan lembut untuk ruangan tempat furniture tersebut berada.

3.Pertimbangkan Warna Dominan

Warna dominan pada ruangan perlu dijadikan pertimbangan. Umumnya pada desain kontemporer warna yang dipilih adalah warna-warna netral. Warna seperti abu-abu, hitam, putih dan berbagai warna lain yang dirasa cocok digunakan untuk memberikan kesan lembut dan modern.

Namun, bukan berarti jika penggunaan warna yang kontras tidak dibutuhkan di sini. Justru adanya ‘aksen’ warna yang lebih kontras dari warna dasar akan membuat tampilan yang artistik serta dinamis hadir di sana.

4.Hadirkan Ruang yang Lebih Lega

Salah satu konsep yang berusaha ditampilkan dari desain kontemporer adalah keterbukaan. Hal ini yang kemudian membuat desain kontemporer memiliki lebih sedikit sekat jika dibandingkan desain kontroversional yang biasa.

Selain memberikan kesan luas, hal ini secara lebih lanjut juga menyebabkan pencahayaan dapat menjangkau setiap sudut ruang tanpa terkecual. Biasanya penerapan konsep ini akan membuat beberapa ruangan yang biasanya bersekat justru menjadi ruangan luas yang hanya dipisahkan ‘garis’ atau ‘aksen’ model tertentu.

5.Perhatikan Material Kain yang Dihadirkan Dalam Ruangan

Menghindari kehadiran material kain di dalam ruangan menjadi salah satu hal yang hampir mustahil dilakukan. Untuk itu material kain ini juga harus diperhatikan penggunaannya. Jika ruangan memang memiliki material kain yang cukup dominan, sebaiknya pilih material seperti wol, linen hingga sutra untuk diterapkan.

Hal yang sama juga berlaku untuk material tirai. Pilih material tirai yang dirasa paling pas dan menyatu dengan ruangan. Mungkin hal khusus lebih ditekankan pada yang menggunakan tirai roller blind, horizontal blind dan tirai lain yang sejenis. Pasalnya bahan dari tirai tersebut juga berbeda-beda dan berbeda dari kain pada umumnya. Tak ada salahnya menanyakan pada tempat jual roller blind atau horizontal blind terdekat untuk mengetahui pilihan bahan yang ada.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara untuk menonjolkan kesan desain interior kontemporer. Ada berbagai fokus yang dapat digunakan. Mulai dari pencahayaan sampai dengan pemilihan material kain. Pastikan hal-hal tersebut dapat diterapkan dengan baik untuk memperoleh hasil desain yang cantik, ya!

Postingan Populer