Kenali Perbedaan Flooring Lantai Parket dan Lantai Kayu Vinyl Floor, Disini!

Perbedaan Lantai Parket dengan Lantai Kayu Vinyl Floor

Mendesain interior rumah bukanlah hal yang mudah, apalagi menyesuaikan dengan desain awal yang sudah dibuat. Untuk menentukan desain biasanya dibuat berdasarkan beberapa faktor seperti atap, dinding, dan lantai. Meskipun terkadang lantai tidak begitu dipedulikan terbuat dari material apa, nilai estetikanya sangat tinggi dan berpengaruh pada penghuninya. Lantai sendiri ada beberapa jenis diantaranya lantai keramik, marmer, granit, kayu dan vinyl.

Material yang aman untuk lantai diantaranya seperti lantai parket dan lantai kayu vinyl floor. Kali ini kita bakal memebahas tentang perbedaan kedua bahan flooring paling digemari tersebut.

Menurut segelintir orang lantai parket dengan lantai kayu vinyl flooring itu sama saja, padahal mereka itu memiliki perbedaan.  Dibalik perbedaan, keduanya memiliki tujuan yang sama yakni untuk mempercantik bagian lantai rumah anda. Perbedaannya pun tidak begitu signifikan dari segi visual, namun sebenarnya dari segi bahan pembuatan sudah tentu berbeda.


Biasanya lantai parket lebih dikenal dengan lantai kayu asli, yang membuat tampilan rumah anda berkesan klasik. Bahan yang tidak licin mampu menurunkan resiko terjadinya terpeleset karena faktor permukaan lantai berasal dari serat kayu asli . Sedangkan vinyl adalah lantai yang dibuat secara sintetis atau istilah kasarnya hanya tiruan dari kayu. Untuk lebih lengkapnya mari kita kupas perbedaan dari parket dan vinyl floor.

Bahan utama

Bahan berbeda untuk membuat kedua produk ini yaitu:
  • Untuk membuat lantai parket diperlukan kayu asli yang kemudian diolah menjadi bilah - bilah papan.
  • Sedangkan vinyl dibuat dari material sintetis yaitu PVC atau polyvinyl chloride dan dibuat dalam bentuk lembaran atau plank.
Artikel menarik lainnya: Tempat Nongkrong Dengan Desain Interior Cafe Klasik

Metode pemasangan

Dalam pemasangan lantai ini sendiri sangat berbeda yakni:
  • Parket dipasang dengan cara disusun seperti puzzle dan disambung dengan bantuan paku dan palu.
  • Lantai kayu vinyl floor hanya menggunakan lem perekat saja, dan dapat digunakan diatas pelapis lantai lain yang sudah terpasang misalnya lantai keramik  tanpa perlu membuang atau membongkar sebelumnya.

Desain corak

Corak parket dan vinyl terdapat perbedaan seperti:
  • Lantai parket hanya memiliki corak sesuai jenis kayu yang digunakan untuk membuat.
  • Vinyl pada dasarnya memiliki berbagai macam corak yang menyerupai material asli seperti kayu bahkan ada juga yang punya motif lantai alami seperti bebatuan, kayu dan sebagainya.

Harga

Harga yang ditawarkan untuk kedua material ini sangat lah berbeda jauh.
  • Parket dihargai lebih mahal karena menggunakan material kayu asli.
  • Vinyl harganya jauh lebih murah karena menggunakan bahan sintetis.

Kelebihan

Meskipun sama sama digunakan untuk pelapis lantai, keduanya memiliki kelebihan tersendiri diantaranya:
  • Lantai kayu asli mampu Memberikan efek visual yang bagus untuk tampilan rumah anda.
  • Vinyl mudah dalam pemasangan dan murah dalam harga. Cocok untuk yang memiliki budget minim namun ingin interior berkesan mewah.

Kekurangan

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, begitupun kedua produk ini, antara lain:
  • Lantai parket mudah keropos apa bila tidak dirawat dengan benar, karena rentan dengan kelembapan yang tinggi,
  • Lantai kayu vinyl flooring mudah robek jika terkena benda tajam, dan mejadikannya mudah rusak.
Menetukan desain rumah terkadang memang sulit, namun jika anda sudah mengetahui baik kelebihan maupun kekurangan suatu material dekoratif anda bisa menentukan bahan interior yang cocok untuk rumah anda. Begitupun dengan lantai rumah, lantai paket maupun lantai kayu vinyl flooring, anda harus pandai untuk memilih mana yang lebih baik digunakan untuk memenuhi keinginan anda. Semoga artikel ini dapat membantu menentukan desain interior di rumah anda.

Postingan Populer